Cara Menghilangkan Rasa Minder

Cara Menghilangkan Rasa Minder 

Minder atau tidak percaya diri adalah sebuah keadaan/situasi di mana seseorang merasa dirinya memiliki value/kualitas lebih rendah dibandingkan orang lain.

Value di sini kadang juga bisa berbentuk lain seperti merasa minder karena cadel atau karena merasa terlalu kurus atau gendut dan lain-lain. Karena minder seringkali seseorang melepaskan kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang dianggap menarik, hanya karena merasa dirinya tidak mampu atau layak untuk orang tersebut, padahal minder itu adalah sebuah keadaan saja yang sebenarnya bisa dihilangkan.

Banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menghilangkan rasa minder atau tidak percaya diri dan kali ini saya akan bagikan 3 tips untuk menghilangkan rasa minder.

Tidak ada yang sempurna
Seseorang yang minder memiliki anggapan bahwa dirinya kekurangan sesuatu dibandingkan orang lain. Yang harus kamu sadari bahwa sesungguhnya tidak ada orang yang benar-benar sempurna. Pahami bahwa orang tersebut juga manusia yang juga makan nasi, yang juga bisa berbuat salah, yang juga memiliki kekurangan. 
Dan bisa jadi sebenarnya orang tersebut juga memiliki rasa minder yang lain. Karena itu berhentilah untuk menilai kekurangan diri sendiri, dan mulailah menilai kelebihan kamu. Fokus pada hal lain yang jauh lebih positif. Contohnya bakat-bakat kamu yang selama ini kamu sembunyikan karena malu. Banggakan bakat-bakat tersebut.

Tambah value kamu
Daripada sibuk menutupi kekurangan lebih baik kamu menambah kelebihan kamu. Contohnya dalam kasus cadel, saya mulai berlatih berusaha melafalkan huruf R. Kemudian saya menemukan bahwa nyatanya dalam penggunaan bahasa Inggris huruf R disebutkan secara berbeda dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Karena itu saya mulai giat belajar bahasa inggris dan mendapat nilai sempurna ketika di SD dan ini adalah salah satu alasan saya tidak lagi minder mengenai kecadelan saya. 
Daripada diam dan menyesali keadaan, kamu bisa mencari value baru yang bisa menambah nilai dan kualitas diri kamu. Seperti keahlian atau skill yang baru, atau bahkan aksi-aksi yang bisa membuat kelemahan kamu menjadi kekuatan.

Cuek agar tidak minder
Belajar dari kasus cadel, semakin saya berusaha menutupi kelemahan saya maka justru kelemahan tersebut makin kelihatan. Semakin saya merespon ledekan teman saya tentang cadelnya saya semakin mereka akan meledek dan semakin minder pula saya. Karena itu saya putuskan untuk CUEK ketika sedang berbicara dan tidak mengindahkan perkataan/ledekan orang lain. Ketika itu saya lakukan justru mereka tidak lagi mempermasalahkan hal tersebut. Seringkali minder muncul karena kamu menganggap kekurangan tersebut sebagai kelemahan sehingga hal tersebut justru semakin menonjol. Ketika kamu menerima kelemahan kamu sebagai bagian dari diri dan belajar bagaimana menjadikan itu sebagai sesuatu yang tidak memalukan, maka kamu tidak akan lagi merasa minder.

Tidak percaya diri atau minder itu, sekali lagi adalah sebuah situasi, dan situasi itu sebenarnya bisa dihilangkan. Sebagai manusia kita dibekali AKAL untuk mengatasi berbagai situasi. Jadi masih mau minder dan terus terkurung dalam jurang kekurangan? Atau mau mengambil aksi untuk lepas dari rasa minder? Itu semua ada di tangan kamu, sobat!

Suka artikel ini ?

About Alpha Sentet

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan